Nostalgia; RAN di Java Jazz 2014 Lewat Tembang Lawas

Tampil sejak tahun  2008 sampai dengan hari ini, grup musik RAN tidak mau hanya begitu-begitu saja di pagelaran Java Jazz. Di tahun keenamnya mengisi Java Jazz Festival 2014 hari pertama, RAN menyuguhkan memori nostalgia dengan tembang lawas. Jumat (28/2/2014).

Bertempat di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (28/2/2014), Rayi, Asta dan Nino menggoyang para 'jazzer' muda. Single 'Fly Away' milik mereka menjadi pembuka.

Mengusung tema full band, lengkap dengan 'brass section' dan 'latin percussion', lagu-lagu seperti 'Mencuri Hati' dan 'Begitu Saja' keluar dengan irama pop jazz. Termasuk lagu terbarunya mereka 'Kita Bisa'. Dan waktu nostalgia pun dimulai.

Hits milik KLa Project menjadi pembukanya. Lagu  di tahun akhir 80-an yang berjudul  'Tentang Kita' itu indah dengan aransemen ala RAN.

Kejutanpun dimulai, saat nada 'Kulakukan Semua Untukmu' milik Fatur mengalun. Bukan hanya sekedar menyanyikannya sendiri, RAN ternyata juga mengajak sang pemilik lagu sendiri, Fatur. Dan kehadiran Fatur pun menambah histeria di panggung 'BNI Stage' di Kawasan JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat.

Terakhir, Mario dari Kahitna naik tanpa ada aba-aba. Bersama Rayi dan Nino, ketiganya mengenang hits cinta penuh pengharapan yang berjudul  'Andai Dia Tahu'. Penontonpun  bernyanyi panjang.

Meskipun sesi tersebut berakhir, hal itu tidaklah berarti RAN berhenti bernostalgia. Hits miliknya sendiri seperti  'Tunjukkan Cintamu' 'Pandangan Pertama' dan , 'Nothing Last Forever', langsung saja menghanyutkan penonton. Disambung dengan 'Sepada' dan 'Hanya Untukmu' RANpun menyempurnakan penampilannya.

Di panggung 'Garuda Indonesia', Joy Tobing juga berhasil membawakan lagu-lagu hits miliknya. Tak cuma itu saja, lagu lawas 'Merpati Putih' milik Erros Djarot dibawakan merdu dengan iringan piano dari Gita Wirjawan, mantan Menteri Perdagangan.

Sedandkan Di panggung utama, 'Clear Hall', musisi jazz asal Jepang yang juga merupakan langganan festival jazz Indonesia, Sadao Watanabe, juga menghangat pesta musik jazz terbesar hari ini.

Setelah ini, Dewa Budjana, Gilang Ramadhan, Bubugiri dan Sierra Soetedjo juga ikut menyambung gelaran Java Jazz Festival yang ke-10 ini. Tidak berhenti di situ saja, Joao Sabia (Brasil), Allen Stone, Earth Wind & Fire Experience hingga Jamie Cullum juga siap menghentak.