Di Panggung Afgan Brsama Barry Likumahuwa Hingga Vina Panduwinata

Afgan Syahreza kembali naik pentas, Menjadi penampil di hari pertama, Jumat (28/2/2014), di gelaran Java Jazz Festival ke-10 di tahun 2014 ini. Afgan naik panggung dengan kejutan penuh kolaborasi-kolaborasi.

Sabar dulu, karena Afgan lebih dulu tampil solo membawakan single 'Get Lucky' milik Daft Punk. Tentunya  tidak dengan Disc Jockey dan perangkat digital yang lainnya, tapi Afhan tetap memilih konsep band, yang lengkap dengan instrumen otentik. Maka  lagu disko itupun  berubah menjadi mengeluarkan nuansa pop jazz.

Afgan tetaplah Afgan, penonton tidak lantas  dibawanya untuk  ber-disko ria, tapi kembali ke lagu-lagu melankolis miliknya. 'Kau Bohong', 'Tak Perduli' sampai 'Bawalah Pergi Cintaku'. Teriakan suara kaum hawa terdengar begitu  keras mengingat malam ini penyanyi 25 tahun itu bermain di panggung yang sangat megah di 'simPATi Stage'.

Hits 'Sadis'pun  turut dibawakan olehnya, bukan seperti biasanya. Aransemen yang  penuh jazz mengiri lagu patah hati tersebut.

Jangan berharap dulu kalau biduan tersohor bernama Vina Panduwinata lansung muncul, karena Afgan sudah menyiapkan kolaborasi pembuka. Yaitu, Barry Likumahuw pemain bass yang sudah malang melintang di panggung jazz. Hits 'Terima Kasih Cinta' dan 'Dia Dia Dia' pun disulap dengan ketukan upbeat american jazz yang sanagt kental.

Kolaborasi berikutnya, Nino 'RAN' berlari dari pinggir panggung. Keduanya pun menyanyikan 'Pesan Cinta' yang mereka ciptakan. Kedua pemusik muda itupun,  Sempat-sempatnya  bre-selfie ria sambil membelakangi penonton. Serentak Sorak sorai penggemar perempuan pun tumpah.

Dan akhirnya yang ditunggu-tunggupun tiba. Legenda hidup solois wanita Ibu Pertiwi, Vina Panduwinata yang anggun naik  kepanggung dengan dress hijau.  Adalah 'Biru', hits masa lalu yang belum dimakan zaman menjadi pilihan Afgan dan Vina Panduwinata.

Serentak  penonton seketika  terdiam melihat kolaborasi paling romantis dari keduanya. Meskipun pada akhirnya harus sedikit kecewa karena ternyata hanya satu lagu, namun tetap saja penampilan dari Afganmasih berlanjut. Menghipnotis  ribuan penonton dengan keindahan suaranya.

Di panggung lain, Dewa Budjana yang tidak bersama GIGI, melainkan grupnya sendiri, Dewa Budjana Band. Sudah bisa ditebak, jazz etnik Bali terdengar menyeruak di se-antero JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat.